Thursday, December 27, 2012

CIKAHURIPAN

Menurut Abah Ruskawan, budayawan Cianjur dan Ketua Paguyuban Pasundan Cianjur, menceritakan wilayah Gunung Padang termasuk tempat yang dikeramatkan. “Biasanya ada indikator adanya sumur,” kata Abah. Menurut Abah, di Gunung Padang dulu ada dua sumur. Yang di atas saat ini kering, tinggal yang di bawah, dekat tangga naik. Sumur tersebut dinamakan Sumur Cikahuripan.
Sumur tersebut dipercaya bisa membuat suara bagus, awet muda, dan dekat dengan jodoh jika diminum. Abah Ruskawan punya penjelasan ilmiahnya, Dia pernah membawa sampel air dari sumur itu ke Laboratorium Teknik Pangan Universitas Padjadjaran.

Dari hasil penelitian, air Sumur Cikahuripan mengandung asam laureate, Fe (besi), dan mangan dengan kandungan standar untuk dikonsumsi manusia. “Jika diminum, metabolisme tubuh makin lancar. Kalau metabolisme lancar, kotoran dalam tubuh keluar, termasuk kotoran di tenggorokan,” terang Abah. Kalau metabolisme lancar, tubuh sehat, suara bagus, Abah melanjutkan, tentu auranya keluar, sehingga terlihat segar. “Makanya terlihat awet muda, bahkan bisa dapet jodoh juga,” Abah menjelaskan.
Saat ini, air dari Sumur Cikahuripan dimanfaatkan warga sekitar untuk kebutuhan rumah tangga. Air dialirkan dengan selang-selang ke beberapa rumah di sekitar kaki bukit Gunung Padang.

Sumber kutipan dari intisari-online

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host